Laman

Sabtu, 28 Mei 2011

RESEP 2 : MIE AYAM SPECIAL KOMPLIT

Bahan-bahan :
- 1 ekor ayam (pisahkan dari kulitnya untuk membuat minyak ayam)
- Sepanci air untuk merebus ayam (untuk kuah)
- 2 sdm Merica Bubuk
- 3 sdm Ketumbar/Katuncar(Coriander) butiran, disangrai, lbh bagus jangan pakai yg bubuk
- 10 siung Bawang Putih
- Bawang Merah Goreng
- Daun bawang, dipotong halus, buat taburan
- 2 sdm garam secukupnya
- 1 1/2 sdm gula pasir
- 2 sdm kecap manis
- 2 sdm Kecap Ikan
- 1 1/2 sdm Kunyit
- 1 1/2 sdm Gula Pasir
- 1 sdm Merica Bubuk
- Sawi Hijau (potong kasar kira-kira 3-4 cm)
- 1 pak Mie Telur (rebus sampai matang, siram dengan air dingin supaya tidak continue cooking dan tidak lengket, lumuri sedikit minyak, tiriskan), atau mie ayamnya bisa buat sendiri lebih bagus & lbh enak
- Saus Tomat (optional)


Tahapan Cara Membuat Mie Ayam :
Rebus daging ayam yang sudah dibuang kulitnyai dengan api sedang. Pisahkan air rebusan untuk kuah.
Angkat daging ayam kalau  sdh matang, pisahkan dagingnya, bisa disuwir-suwir atau dipotong kotak-kotak (terserah selera anda).

Haluskan/Ulek halus bumbu dasar: bawang putih, ketumbar yang udah disangrai, garam, gula pasir, kunyit/turmeric bubuk.
Bumbu dasar ini dibagi dua; bagian pertama ditumis sampai harum dan kekuningan... masukan tumisan bumbu kedalam kuah yang dibiarkan panas/mendidih diatas api kecil, masukkan Merica bubuk, cicipi..tambahkan Kecap Ikan kalau kurang asin.
Taburi panci kuah dengan kira-kira 6 sdm Bawang Merah Goreng. Diamkan diatas api kecil.

Kulit ayam mentah tadi digoreng tanpa minyak, sampai mengeluarkan minyak ayam. Buang kulit ayam, pisahkan minyak ayam. Tumis sisa ulekan bumbu kedalam minyak ayam... sampai harum dan kekuningan. Masukan potongan daging ayam aduk sebentar, masukkan merica bubuk dan kecap manis..coba cicipi, tambahkan kecap ikan kalo kurang asin. Aduk rata, angkat dan sisihkan.

Tahap Terakhir: matikan api kuah ayam, lalu masukan potongan Sawi Hijau kedalam kuah ayam yang tadi mendidih  lalu  diamkan kira-kira 3 menit kemudian angkat untuk disajikan kedalam mangkuk (Tips: Untuk hasil yang lebih enak & cantik masukkan sawi secukupnya saja untuk mangkuk-mangkuk yang akan disajikan supaya sawi hijaunya tidak jadi jelek dan terlalu lembek karena didiamkan terlalu lama di dalam panci kuah yang panas tadi)

Taruh mie dalam mangkuk. Masukan daging ayam, Sawi Hijau. Taburi dengan Bawang Merah Goreng dan Daun Bawang. Siram dengan kuah ayam. Sajikan bersama Kerupuk Udang + sambal + saus tomat
==SELAMAT MENCOBA==

Tidak ada komentar:

Posting Komentar